WOW... Inilah 3 Faktor Yang Sering Di Abaikan Di Sebuah Kedai Kopi


Beberapa owner kedai kopi mengaku bahwa saat membuka sebuah kedai kopi, tak hanya kopi, mesin kopi, pekerja dan hal primer lainnya yang menjadi titik pemikiran yang harus dipikirkan matang-matang. Ada faktor-faktor lain yang mungkin dinilai tidak ada hubungannya dengan kopi tetapi tak kalah pentingnya. Sayangnya, beberapa pemilik kedai kopi sering abai mengenai faktor-faktor ini. Ingat jika kamu ingin membuka sebuah kedai kopi setidaknya ada tiga faktor di luar kopi dan coffee bar yang juga harus diperhatikan. Berikut tiga faktor tersebut.

Keamanan

Jika nyaman dan pelayanan sudah dapat diraih pelanggan di kedai kopi favoritnya, maka keamanan juga tak kalah pentingnya. Bayangkan jika sebuah kedai kopi tidak memiliki sistem keamanan atau setidaknya security yang membantu menjaga keluar-masuknya pelanggan di kedai kopi. Teman saya pernah dijambret saat keluar dari mobil menuju kedai kopi yang kebetulan memang tidak memiliki security. Hal seperti ini seharusnya tak harus terjadi jika sistem keamanannya baik. Perasaan aman yang dirasakan pelanggan saat berkunjung ke kedaimu adalah nilai plus dari sebuah kedai kopi.

Kebersihan

Kebersihan di sini bukan hanya kebersihan kedai kopi, interior, coffee bar, cangkir, piring dan lain sebagainya. Tetapi juga mencakup kamar mandi, dapur dan seluruh area kedai kopi. Sering saya jumpai kedai kopi yang tampaknya tidak terlalu peduli dengan kebersihan toilet kedainya. Kamar mandi berbau, tisu toilet yang habis, air yang macet atau sampah-sampah tisu yang berserakan adalah penting untuk selalu diperhatikan. Toilet adalah cerminan paling tidak tentang kebersihan sebuah kedai kopi. Jika toilet dan area lain tidak bersih bagaimana pelanggan bisa nyaman datang ke sana berkali-kali.

Parkir

Percayalah, faktor lokasi parkir yang luas adalah kebahagiaan bagi para penikmat kopi yang datang dengan membawa kendaraan. Banyak orang malas datang ke sebuah kedai kopi jika tempat parkirnya kecil atau susah menemukan lokasi parkir yang aman. Maka dari itu, saat hendak membuka kedai kopi kamu harus memerhatikan lokasi parkir yang paling tidak membuat pengunjungmu nyaman. Juga jangan lupa lengkapi dengan juru parkir dan kemanan yang mumpuni ya.

Comments